liwetan

 

 Liwetan, merupakan salah satu kegiatan makan bersama (nasi liwet) yang sering dilakukan oleh orang sunda, walau sebenarnya liwetan ini tidak hanya berada di daerah Jawa Barat saja, nyatanya nasi liwet juga dapat dijumpai di daerah Solo dan sekitarnya. Di mana biasanya orang-orang duduk lesehan dan makan menggunakan tangan.

Jika banyak orang beranggapan tradisi liwetan ini berasal dari sunda, ternyata anggapan tersebut  tidak benar. Karena faktanya gaya makan ini berasal dari daerah Jawa (yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur). Buat Anda masyarakat asli Jawa timur atau Jawa tengah tentu sudah sering kan melihat masyarakat di sekitar Anda makan ramai-ramai nasi lengkap dengan lauk pauk yang disajikan di atas daun pisang yang disusun secara memanjang?

Namun, jangan khawatir apabila Anda tidak dapat menemukan daun pisang di sekitar rumah Anda ketika ingin menyantap nasi liwet, karena Anda dapat menggantinya dengan piring atau bahkan dengan kertas nasi yang disusun secara memanjang sama seperti daun pisang.

 

Resep Nasi liwetan yang Nikmat

Memasak nasi liwet sebenarnya sangat sederhana, bahkan tak sedikit anak kos yang gemar membuat nasi liwet sebagai makanan mereka ketika sedang berkumpul. Nah, jika Anda tertarik ingin membuatnya, Anda bisa menyimak resep lengkapnya berikut ini.

 

Bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat nasi liwetan

  • Beras secukupnya (atau sekitar 500 gram),
  • 1200 ml air, 1 batang serai,
  • 3 lembar daun salam,
  • garam atau penyedap rasa secukupnya.

Anda juga bisa menambahkan ikan teri atau ikan asin sebagai lauk pelengkap nasi liwet ini. Karena biasanya orang sunda memakan nasi liwet dengan ikan asin. Hal ini sudah menjadi ciri khas dari liwetan yang disajikan secara sederhana. Namun, apabila Anda tidak menyukai ikan asin, Anda bisa menggantinya dengan ayam goreng atau ayam bakar. Serta tambahkan tumis kangkung, tempe goreng, kerupuk dan lalapan seperti timun atau daun selada sebagai teman makan lainnya.

 

Cara mengolah nasi liwetan sederhana ala anak kos

Cara memasaknya pun cukup sederhana, di mana Anda hanya tinggal memasukkan beras yang telah dicuci ke dalam rice cooker atau magicom dan tambahkan air sebanyak 1200 ml. Selain itu jangan lupa campurkan garam atau penyedap rasa, satu batang serai dan juga 3 lembar daun salam secara bersamaan. Hal lain yang tidak banyak diketahui oleh orang adalah, bahwa dikalangan masyarakat Cianjur, ketika mereka memasak nasi liwet, mereka juga menuangkan minyak goreng ke dalam beras yang sudah tercampur dengan bumbu lainnya.

Hal itu dimaksudkan untuk membuat nasi tidak merekat atau lengket pada tempatnya (rice cooker/magicom). Setelah Anda memasukkan semua bahan, Anda dapat memasak ikan teri dengan cara digoreng atau pun ditumis. Bahkan Anda dapat memasaknya bersamaan dengan nasi liwet. Orang sunda biasanya memasukkan ikan teri atau ikan asin lainnya ke atas nasi liwet saat sedang dimasak ketika air pada nasi sudah tersisa sedikit atau ketika nasi dalam keadaan setengah matang.

Maka, ketika nasi liwet Anda matang, ikan asin pun juga matang. Sehingga Anda dapat menyajikannya secara bersamaan dan liwetan sederhana pun siap disantap. Namun, bila ada lalapan, jangan sampai lupa menyediakan sambal, ya. Anda hanya perlu menyiapkan cabe rawit, bawang merah, tomat serta garam atau penyedap rasa yang diulek sampai halus. Sangat sederhana, bukan? Anda bisa mencobanya kapan pun ketika Anda mau.